Rabu, 09 Desember 2015

Gejala Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai

Gejala Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang bisa dibilang paling banyak diderita oleh kaum hawa saat ini. Karena tak hanya menyerang orang dewasa, karena beberapa waktu yang lalu ada seorang gadis kecil juga telah didiagnosa kanker payudaradi tubuhnya. Jadi sebagai salah satu penyakit mematikan, maka kanker payudara memang sangat berbahaya. Memang selama ini, adanya gejala kanker payudara atau kanker lainnya sendiri tidak mudah dikenali keberadaannya.

Tapi kamu jangan khawatir, selama kamu peka dan jeli ketika ada perubahan di tubuh terutama di payudara, maka kanker payudara bisa dideteksi sejak dini dan dilakukan pengobatan yang terbaik.  Gejala tersebut antara lain adalah sebagai berikut.




    Warna Payudara Berbeda

    Yang pertama dan gejala paling umum yang terjadi ketika seseorang berisiko terkena kanker payudara adalah warna kulit payudara berbeda. Jadi bagi mereka yang sehat dan normal, maka kulit payudara akan seperti kulit tubuh lainnya. Tapi, apabila ada gejala kanker, memang tidak jarang warna kulit akan menjadi kemerah-merahan atau bahkan kecokelatan seperti memar. Jadi selain itu, maka kulit juga tidak semulus sebelumnya. Gejala kanker akan membuat kulit payudara menjadi lebih kasar, misalnya seperti kulit jeruk dan terlihat seperti ada ruam atau memar.

    Gatal Pada Payudara

    Setiap orang mungkin pernah merasakan gatal pada payudara. Tapi gatal ini bisa terjadi karena Bra atau pakaian yang dikenakan tidak bersih sehingga menyebabkan gatal. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan gatal ini adalah salah satu gejala dari kanker payudara. Jadi gatal yang terjadi terus menerus tanpa sebab jelas, kemungkinan besar adalah salah satu gejala kanker payudara. Maka jika kamu mengalami hal ini, maka jangan sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya.   

  Nyeri Hebat di Punggung Dan Payudara

    Gejala selanjutnya yang perlu kamu tahu dari kanker payudara adalah nyeri hebat di punggung dan payudara. Akan, rasa nyeri ini bisa saja saling berkesinambungan antara satu dengan lainnya. Karena beberapa sahabat juga kerabat yang terjangkit kanker payudara mengatakan jika nyeri yang dirasakan akan membuat tubuh lemah, serta tidak nafsu makan dan selalu muncul jika tubuh lelah. Maka nyeri ini juga sering kali membuat punggung maupun payudara berasa seperti terbakar.

    Benjolan di Payudara

    Inilah gejala paling umum dari kanker payudara. Dan asal kita tahu, memang hampir semua kanker ditandai dengan adanya benjolan di tubuh. Jika kamu merasakan ada benjolan di tubuh terutama di payudara dan rasanya sakit, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa benjolan mungkin tidak berbahaya, tapi, beberapa lagi mungkin adalah kanker atau tumor ganas.

    Keluar Cairan Dari Payudara

    Jika kamu menemukan cairan keluar dari payudara sementara kamu sedang tidak mengandung, maka cobalah untuk lebih waspada dan peka. Karena beberapa ahli kanker menyebutkan jika gejala awal kanker payudara adalah keluarnya cairan dari dalam payudara. Jadi cairan itu bisa berupa cairan seperti air, seperti lendir atau seperti nanah.

Itulah beberapa gejala kanker payudara yang perlu kamu tahu sejak dini. Agar terhindar dari risiko kanker payudara, pastikan untuk memiliki pola hidup yang sehat, olahraga yang cukup dan minum air putih yang banyak. Hindari menggunakan bra yang terlalu ketat atau bra berkawat. Selain itu hindari pula makan makanan yang banyak mengandung bahan penyedap, bahan pengawet serta bahan kimia lain. Demikian adalah Gejala Kanker Payudara yang Harus Diwaspadai. Simak juga Manfaat Diet Mayo Bagi Kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar