Rabu, 16 Desember 2015

Makanan Sumber DHA

Makanan Sumber DHA -  Ingin keluarga selalu cerdas dan sehat? Maka sajikan makanan bernutrisi tinggi, jadi terutama yang kaya kandungan asam lemak omega-3. Karena kandungan DHA membantu perkembangan otak sehingga terbukti dapat meningkatkan kecerdasan, kekuatan daya ingat, dan juga konsentrasi. Jadi memang ada beberapa seafood lezat dan tinggi DHA yang dijamin jadi favorit anak-anak, seperti berikut ini :

Tuna Kalengan

Salah satu seafood yang kaya DHA dan mudah dijumpai di pasaran adalah tuna kalengan. Jadi untuk mendapatkan kandungan asam lemak omega-3 terbesar dari tuna kaleng, pilih yang dikemas dengan air bukan minyak. Maka minyak akan bercampur dengan lemak alami tuna, sehingga kemungkinan besar beberapa asam lemak omega-3 akan terbuang pada saat kaleng dibuka dan dikosongkan. Jadi dalam 6 ons tuna yang dikalengkan bersama air, akan memberikan 0,5 gram asam lemak omega-3, sementara yang dikalengkan dalam minyak hanya memberikan 0,3 gram omega-3. Cukup sajikan bersama dengan pasta atau roti panggang untuk sarapan maupun makan siang.



Kerapu Merah

Sumber asam lemak omega-3 ditemukan dalam fitoplankton, sel-sel tanaman air kecil yang merupakan makanan bagi banyak organisme air dan tak terkecuali kerapu merah. Jadi dalam 3 ons penyajiannya, kerapu merah dapat memberikan 200-500 mg omega-3. Jadi selain kaya DHA, kandungan proteinnya yang tinggi, namun rendah kalori cocok disajikan pada si kecil untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Lalu sajikan bersama nasi panas dan sayuran rebus untuk meningkatkan selera makan keluarga ya.

Kakap Putih
Tidak hanya lezat dan menawarkan banyak variasi cara memasaknya, kakap putih juga dikenal tinggi protein dan rendah kalori. Seperti hasil penelitian dari Harvard School of Public Health, dalam 3 ons penyajian kakap putih didapatkan 20 gram protein yang memenuhi 40% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. Tapi meskipun rendah lemak, ternyata kakap putih menyediakan 0,8 gram gabungan EPA dan DHA yang baik untuk meningkatkan fungsi otak serta baik bagi kesehatan jantung.

Salmon Panggang

Rasanya yang lezat membuat salmon panggang menjadi sajian yang begitu pas dihidangkan untuk keluarga. Jadi dalam 3 ons penyajiannya, ikan salmon panggang memiliki kandungan omega-3 lebih dari 1500 mg. Mengolahnya pun cukup mudah, cukup letakkan salmon dengan kulit di bagian bawah. Tambahkan rosemary dan irisan jeruk lemon di atas salmon, kemudian tambahkan minyak sayur atau butter. Lantas bungkus dengan alumunium foil lalu panggang hingga matang.

Demikian adalah Makanan Sumber DHA yang harus anda ketahui. Simak juga artikel lainnya di blog ini. Misalnya saja adalah Ciri-Ciri Tubuh Butuh Istirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar