Minggu, 08 November 2015

Cara Mengatasi Sakit Menstruasi

Cara Mengatasi Sakit Menstruasi - Setiap wanita yang masih berada di masa suburnya pasti mengalami menstruasi, akan tetapi ada satu masalah yang selalu menyertai siklus menstruasi, yakni sakit perut atau kram perut. Berikut ini adalah cara untuk mengatasi sakit haid atau cara untuk mengobati sakit saat mens. Silahkan disimak :

Konsumsi Lebih Banyak Zat Besi

Saat masa-masa menstruasi, maka wanita lebih sering terkena anemia atau kekurangan sel darah merah. Nah, hal inilah yang sering membuat kita lemas, menyebabkan pandangan kabur, bahkan parahnya sampai pingsan. Karena itu, maka konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, misalnya saja antara lain daging merah, hati ayam, kacang-kacangan dan bayam.

Perkecil Konsumsi Makanan Yang Mengandung Garam

Merasa begah saat mens? merasa gemuk saat mens? Hal ini terjadi karena hormon meminta tubuh untuk mengikat air lebih banyak selama masa menstruasi. Jadi anda bisa mengurangi efek 'bengkak' ini dengan mengurangi konsumsi garam. Karena garam dapat mengikat lebih banyak cairan tubuh, jadi tubuh makin terasa 'bengkak'. Hindari makanan yang banyak mengandung garam (misalnya camilan asin seperti keripik atau mie instan).


Senam Menstruasi

Ketika anda menstruasi, tidak berarti Anda hanya bisa bermalas-malasan. Namun kurangnya aktivitas fisik justru memperparah nyeri di perut saat menstruasi. Maka lakukan senam ringan yang dapat mengurangi nyeri di sekitar perut dan pinggang anda.

Jangan Sampai Dehidrasi

Selama masa menstruasi maka anda mengeluarkan lebih banyak cairan. Maka karena itu, selalu pastikan Anda mengonsumsi cairan. Dengan memperbanyak minum air putih atau buah yang mengandung banyak air. Selain itu hindari minuman bersoda atau kopi yang dapat membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman.

Tidur Teratur, Hindari Begadang!

Disaat menstruasi, maka tubuh Anda membutuhkan istirahat yang cukup. Cobalah tidur teratur karena dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri saat menstruasi. Hindari begadang dan tidurlah setidaknya 7 jam ketika Anda sedang menstruasi.

Demikian adalah Cara Mengatasi Sakit Menstruasi, simak juga berbagai macam artikel lainnya di blog ini misalnya saja adalah Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar