Kamis, 08 Oktober 2015

Cara Agar Cepat Sembuh Dari Flu

Cara Agar Cepat Sembuh Dari Flu - Flu itu merepotkan, serta bisa membuat kegiatan jadi berantakan karena kondisi tubuh yang tak enak dibawa beraktifitas ini dan itu. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa segera kembali beraktifitas tanpa harus lama-lama tiduran di atas ranjang? yuk simak cara agar cepat sembuh dari flu di bawah ini :

1. Perbanyak Minum Air Putih

Mengapa harus minum air putih? jawabannya amat sangat simple, itu karena air putih memang mempunyai segudang manfaat yang diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek anda. Jadi anda harus usahakan minum air puith minimal 8 gelas / harinya. Hal-hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu yang menyerang anda.

2. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Selain air putih, anda harus banyak minum air hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, kopi dsb. Mengapa harus minuman hangat? Jawabannya karena pada saat flu, akan ada banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah dan keringat. Maka dari itu, sangat disarankan agar anda banyak minum air, terutama air putih dengan tujuannya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Mengapa harus air hangat bukannya air biasa saja? itu karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet yang mengganggu, mencegah dehidrasi, serta melegakan tenggorokan yang terganggu. Bahkan selain itu, adanya uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir dan dahak loh. Jadi saat anda flu, sebaiknya cepat minum minuman yang hangat-hangat.



3. Beristirahat Total

Dengan kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah. Maka sangat disarankan untuk anda melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, itu dimaksudkan agar sistem kekebalan tubuh anda menjagi kembali seperti sediakala.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Ketika kondisi tubuh anda melemah, maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Karena itulah asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak meudah terserang penyakit, seperti flu.

5. Gunakan Aroma Bawang

Bawang yang selama ini kita kenal sebagai salah satu dari banyak rempah-rempah yang biasa dijadikan bahan masakan, namun ternyata juga bisa dijadikan obat untuk mengatasi flu. Aroma Bawang-Bawangan ternyata dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung anda yang mampet. Caranya adalah peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit saja.

6. Terapi Uap Tradisional

Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu anda. Caranya yaitu masukan air panas ke dalam baskom, Dengan menggunakan handuk yang menutupi kepala Anda, emudian ktempatkan wajah anda di atas baskom berisi air rempah itu. Agar hasilnya lebih optimal lagi, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya dalam air hangat.

7. Berkumur

Dengan berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang tubuh kita. Mengapa harus berkumur-kumur? tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan anda. Cobalah untuk berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal dan lekas sembuh.

8. Gunakan Aroma Mentol / Mint

Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara mudah dalam mengatasi penyakit flu atau pilek tahap awal. Caranya begitu mudah, jadi anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, serta tenggorokan dan dibagian dada anda.

9. Mandi dengan Air Hangat

Apabila anda mengalami flu, maka usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Akan tetapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Sehingga anda lekas sembuh.

Demikian adalah Cara Agar Cepat Sembuh Dari Flu, simak juga artikel lainnya di blog ini, misalnya saja adalah Menu Makanan Sehat Agar Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar